📝 Keberanian Barra’ bin Malik Dalam perang Yamamah

89
0
BERBAGI

Serial | Siroh Nabawiyah
Oleh | Redaktur Sahabat YAMIMA
Edit | Rizal Abu Fathi

Pasca meninggalnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, tampuk kekuasaan umat Islam dipimpin oleh Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu. Persoalan timbul bermunculan ada yang menjadi membangkang dari mulai tidak ingin membayar zakat lagi, dan Ada juga yang mengaku menjadi nabi Palsu. Yang membangkang tidak mau membayar zakat sebut saja pasukan _Banu Dzubyan_ 
yang mengaku nabi palsu seperti _Musailamah Al-Kadzdzab_ dan pengikutnya Suku Bani Hanifah.

Abu Bakar Assiddiq sebagai pengganti Rosulullah solallahu ‘Alahiwasalam melihat persoalan kemungkaran ini sangatlah serius, maka tidak ada pilihan lain kecuali kita perangi, Ia segera mengirim pasukan untuk berperang terhadap pembangkang ini, terkhusus kepada nabi palsu _Musailamah Al-Kadzdzab_ dan para pengikutnya. 

Peperangan ini disebut dengan perang Yamamah karena lokasi terjadinya tepat di daerah Yamamah jazirah Arab yaitu, Utara berbatas dengan Bahrain, timur berbatas dengan Hijaz, selatan berbatas dengan Yaman.

Lalu bagaimana kisah heroik sahabat mulia _Barra’ bin Malik_ dalam peperangan ini?

Mari kita lanjutkan kisahnya dengan mengutip dari berbagai sumber referensi yang terpercaya dalam Literatur umat Islam. 
Diantaranya yang termaktub dalam kitab Syiar A’lam An-Nubala’ karangan Imam Azzahabi.

Dalam kitab ini disebutkan bahwa ketika peperangan berkecamuk dan tanda2 kemenangan telah nampak oleh pasukan kaum muslimin, maka Musailamah dan pengikutnya Bani Hanifah berlari dan berlindung di sebuah kebun dan benteng yang tinggi nan kokoh sehingga menyebabkan pasukan kaum muslimin terpaksa berhenti di depan benteng. Pada akhirnya benteng ini dikenal dengan sebutan hadiqah maut (kebun kematian) karena banyaknya pasukan musuh yang mati ditempat itu beberapa Sumber menyebutkan 20rb kaum murtad.

Kemudian muncullah seorang kesatria dari kaum Anshar, ia adalah _Barra’ bin Malik_ saudara dari Anas bin Malik sang pelayan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Hingga al-Barra bin Malik mengeluarkan ide “nekat”.
Ia berkata, “Letakkan aku dalam baju besi. Kemudian angkat dengan ujung tombak. Angkatlah, hingga aku bisa mencapai ujung atas pagar. Lalu lemparkanlah aku ke dalam kebun. Akan kubukakan pintu dari dalam”.
Awalnya, orang-orang menolak usulan al-Barra. Mereka khawatir akan keselamatannya.

Sampai akhirnya mereka mengangkatnya dan melemparnya ke dalam kebun. Al-Barra bin malik pun masuk ke dalam kebun.
Keberanian, keahlian dalam bela diri dan menggunakan senjata mengantarkan al-Barra ke pintu gerbang setelah ia membunuh 15 orang.

Gerbang kebun terbuka…
Kebun yang awalnya menjadi benteng Musailamah Alkazzab kini pintunya terbuka lebar. Setelah semua pasukan kaum muslimin masuk, al-Barra menutup kembali pintu tersebut dan melemparkan kuncinya ke seberang pagar. Sehingga tidak ada satu pun yang bisa keluar.
Sampai terbunuhnya si nabi palsu Musailamah Al-Kadzdzab.

Kira-kira, tahukah anda berapa luka yang dialami oleh Ksatria kita Barra’ bin Malik? 

Imam Adz-Dzahabi menyebutkan bahwa jumlah luka di tubuh Barra’ bin Malik pada hari itu lebih dari delapan puluh luka. Allahu Akbar. 

Begitulah keberanian Barra’. Mengorbankan jiwanya seorang diri untuk masuk ke dalam benteng yang sudah pasti akan mendapatkan serangan yang maha dahsyat demi membuka pintu gerbang agar kaum muslimin bisa masuk dan menyerang pasukan yang murtad.

Sahabat..
Cerita Heroik Sahabat Nabi Barra’ bin Malik ini menginspirasi kita untuk berbuat dan melangkah, mengorbankan segalanya Untuk tegaknya dinullah ini.
Itulah pengorbanan yang hakiki, 
Lantas.! Pertanyaan Timbul apa yg sudsh anda Torehkan buat agama ini?
Kitalah yang menentukan pilihan berpangku tangan Atau ikut berjuang!
Ingat! Kita semua bertanggung jawab dalam Estafet da’wah ini.

Referensi:
1. Siyar A’lām An-Nubala’ (1/196)
2. Usdul Ghābah Fī Ma’rifati Ash-Shahābah (1/363)
3. Al-Mausū’ah Al-Muyassarah Fī Tārīkhil Islāmi (1/72-73)
4. Mi’ah Min ‘Uzhamā’ Ummatil Islām Ghayyaru Majra At-Tārikh (528-529)

🎓====
Yuk menjadi Orang tua Asuh kami | menyekolahkan 50 calon Ulama yang sedang kuliah ke Luar negri Mesir, sudan, Yaman, Madinah
60jt/bln
Info | 0852 1861 6689 [Rizal]

✒ simak kami | 
Sahabatyamima.id
Fanpage | sahabatyamima
IG | sahabat yamima 
Youtube | sahabat yamima Chanel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY