Faidah dari kajian fiqh Syafi’i yang di bimbing oleh Syaikh Ahmad Rusydi Al-Mishriy _hafidzahullah

100
0
BERBAGI

Menuntut Ilmu adalah suatu aktivitas yang sangat utama, karena ia akan mengantarkan kepada kemuliaan seorang hamba.
Ibnu Abbas _radhiyallahu ‘anhu_ pernah mengajak seseorang untuk belajar kepada para sahabat senior Rasulullah SAW, namun dia menjawab dengan entengnya _”Untuk apa kita belajar, toh mereka (sahabat senior) masih hidup, walaupun orang butuh fatwa pasti mereka akan datang kepadanya”._


Dengan tekad yang kuat Ibnu Abbas _r.a_ tetap berusaha memenuhi keinginannya.
Sampai pernah suatu ketika beliau mendatangi seseorang (waktu panasnya terik matahari) untuk meminta hadits darinya, akan tetapi dia dapati sedang istirahat, kemudian beliau tunggu di depan pintu rumahnya sampai akhirnya tertidur juga.Beberapa saat kemudian keluarlah pemilik rumah tersebut dan melihat keadaan Ibnu Abbas, setelah bertanya diapun mengetahui niat baiknya, kemudian ia mengatakan:
_”Wahai keponakan Rasulnya SAW mengapa tidak engkau suruh seseorang untuk mendatangiku Sehingga akupun bisa memenuhi panggilanmu”.??_


Inilah sebagian keadaan salaf terdahulu, bagaimana semangat dan ambisi mereka dalam menuntut ilmu.
Imam Malik mengatakan “العلم يؤتى ولا يأتي”.
Artinya: _”Ilmu itu di datangi Bukan ia yang datang sendiri.”_

Beberapa tahun kemudian, meninggal dan wafatlah para sahabat Rasulullah saw, dan tidak tersisa kecuali para sahabat junior yang sekarang sudah bertambah umurnya, diantaranya adalah Ibnu Abbas _r.a_.
Masih ingat orang yang dulu enggan untuk diajak menuntut ilmu kan??
Dia (orang yang dulu tidak mau belajar) melihat sesosok orang yang sangat ia kenali duduk di dalam masjid serta di kelilingi oleh banyak orang, sangat mulia.

Ternyata dia adalah teman yang dulu pernah mengajaknya untuk menuntut ilmu namun dia enggan memenuhinya.
Lalu ia menyadari dan mengatakan:
_”Orang itu lebih berakal dari padaku”_
_______Itulah untain kalimat yang di jadikan pembukaan majlis pertama oleh syeikh kita yang mulia, tentunya agar murid-muridnya senantiasa menjaga semangat dan keistiqomahan, karena dengannya kelak ia akan menjadi orang yang mulia.

Sebagaimana firman Allah SWT:{يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات}.
Artinya: _”niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”_. Al-Mujadalah : 11.


*_MARKAS YAMIMA MESIR_*

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY