📝 Fenomena Alam Dalam Catatan Al-Qur’an ====================================

53
0
BERBAGI

Oleh | Redakur Sahabat Yamima

Akhir-akhir ini kita semakin dibuat sadar dengan tanda-tanda kebesaran Allah melalui kejadian alam. Sebagian besar fenomena alam tersebut nyaris tidak dapat dijelaskan oleh akal manusia. Hingga detik ini Al-Qur’an masih menjadi perbincangan dikalangan para ilmuwan, karena selalu ada pengetahuan baru yang dapat diambil dari Al-Qur’an. Bahkan tidak sedikit para ilmuwan tersebut yang jatuh cinta pada isi Al-Qur’an dan berakhir memeluk Islam. Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak fakta sains di dalam Al-Qur’an yang sudah dibuktikan kebenarannya.

Hal tersebut merupakan suatu bukti bahwa kitab suci bukanlah karangan manusia yang akalnya memiliki keterbatasan, tetapi benar-benar firman yang diturunkan langsung dari Allah Subhanahu wa ta’ala.
Salah satu hal yang bisa kita pelajari yaitu fenomena Likuifaksi. Fenomena ini terjadi baru-baru saja di daerah Petobo dan Balaora, Sulawesi Tengah. Merupakan suatu keadaan terjadinya pergerakan tanah yang menyerupai gelombang hingga menenggelamkan apapun yang berada diatasnya.

Di dalam Al-Qur’an pergerakan tanah tersebut tak disebutut sebagai likuifaksi, tetapi disebut Al-Khasf. Al-Qur’an mengisahkan peristiwa itu dalam Surat Al-Qashshash ayat 81. Di dalamnya, diceritakan kalau ada seseorang bernama Qarun yang selalu menyombongkan harta kekayaannya hingga Allah menurunkan azab dengan menenggelamkan dirinya bersama harta kekayaannya. Hal tersebut tentu memperingatkan kita bahwa harta yang kita punya hanyalah titipan yang dapat diambil kapan pun ketika Allah berkehendak.

Lalu yang berikutnya yaitu tentang pergantian Siang dan malam. Rotasi Matahari terhadap bumi yang membuat kita merasakan adanya siang dan malam tertuang dalam Al-Qur’an surah Al’anbiya ayat 33. “Dan Dialah yang menciptakan siang dan malam, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”

Maka sahabat, selalu ada petunjuk bagi orang-orang yang mau berpikir kepada kebenaran. Begitu banyak bukti bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini bukanlah suatu yang kebetulan. Dengan mempelajari fakta-fakta tersebut, semoga semakin bertambah pengetahuan kita serta rasa syukur akan kekuasan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Barokallahufiikum
=================
Yuk menjadi orang tua asuh untuk 64 mahasiswa yang sedang menimba ilmu di timur tengah hanya 20-50/hr
Info | 0852 1861 6689

Simak kami di
✒ sahabatyamima.id
IG | @sahabat yamima
Panfage | sahabat yamima
Youtube | sahabat yamima channel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY