BERBAGI

Menjadi salah satu program unggulan di bulan Ramadhan, Ta’jil On The Road merupakan program tebar Ta’jil dari para muhsinin (donatur) yang menginfak-kan hartanya di jalan Allahu Ta’ala dimana eksekusinya dilakukan oleh tim dari Sahabat Yamima yang mobile setiap harinya di beberapa lokasi seperti ; lampu merah, stasiun, terminal, tempat-tempat keramaian lainnya, hingga masjid-masjid binaan yang masuk ke program bersih-bersih masjid gratis.Sekitar 400-an ta’jil dengan paket senilai Rp. 10.000,- dibagikan bagi kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa setiap harinya di bulan Ramadhan 1437 H. Program ini diharapkan dapat langsung membantu mereka-mereka yang membutuhkan ta’jil untuk bersegera melaksanakan sunnnah Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam setelah seharian berpuasa, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari no. 1957 dan Imam Muslim no. 1098,

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.”

Tak hanya itu, perlu untuk kita tahu juga jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum menunaikan shalat Maghrib dan bukanlah menunggu hingga shalat Maghrib selesai dikerjakan. Sebagaimana Anas bin Malik radhiyallahu‘anhu berkata,

“Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan ruthob (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob, maka beliau berbuka dengan tamer (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Bukhari no. 1957 dan Muslim no. 1098)

Jadi pun makanan serta minuman manis telah tersaji terang bagi kita jika berbuka dengan kurma memiliki keutamaan lantaran Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam-pun melakukan demikian. Baru seumpama tak didapati kurma, maka boleh digantikan dengan makanan yang manis lainnya sebagaimana marak kita dapati di sekitar seperti kolak, dawet, soft drink, dll.

MEMBORONG GANJARAN PUASA

Siapa tak bahagia jika Anda diberikan ganjaran orang yang berpuasa tanpa mengurangi ganjaran pelakunya. Ini pula yang mendasari program Ta’jil On The Road dilaksanakan hingga saat ini, selain untuk membantu otang lain menyegerakan para pelaku puasa agar dapat segera berbuka, yang bakal mendekatkan langkah kaum muslimin mencintai sunnah Nabi-Nya.

Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda,

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5 : 192. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

___

Untuk informasi lebih lanjut Seputar Program, Kegiatan dan Donasi silakan hubungi Contact Person kami : 021-8243-8660 atau 0852-1861-6689 (Rizal)

ANDA dapat berinteraksi aktif bersma kami melalui :

FB : Facebook.com/AmanahInsanMadani
Youtube : youtube.com/SahabatYamima
Twitter : @sahabatyamima
Instagram : sahabatyamima
Email : sahabatyamima@gmail.com
Web : sahabatyamima.id

—–

Jazakumullahu khairan katsira.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY