Inilah Pohon Surga yang berada di Dunia

14448
1
BERBAGI

Banyak sekali ayat Al-Qur’an serta hadits yang menyebutkan kegunaan pohon Bidara. Namun, apakah kita mengetahui bagaimana bentuk pohon ini? bagaimana kegunaannnya?

Pohon Bidara merupakan pohon dengan tinggi berkisar 5-15 m, memiliki daun bertangkai dan terdapat penumpu di daun tersebut yang berduri, memiliki buah bulat kecil ketika sudah matang berwarna kuning kecoklatan. Buah ini yang nantinya akan di ambil bijinya lalu ditanam, di Indonesia pohon Bidara ini sangat mudah untuk ditanam karena cocok dengan iklimnya.

Pohon Bidara terdapat pada ayat Al-Qur’an, yang terjemahnya;

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas,dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak,” (QS. al-Waqi’ah (56) : 27-32)

 

Menurut Ibnu Katsir dalam Tafsirnya;

Sebuah pohon Bidara yang di surga nanti menjadi tampat berteduh bagi para penghuni surga. Pohon Bidara yang nanti ada di surga adalah sebuah pohon tanpa duri dan banyak buahnya. Sedangkan pohon Bidara yang ada di dunia ini sedikit buahnya dan berduri.

Selain itu Pohon Bidara juga berfungsi sebagai alat bantu untuk Ruqyah Syar’iyyah dan juga untuk memandikan jenazah. Pada sebuah hadits tentang penyelenggaraan jenazah Rasulullah bersabda yang artinya;

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian).” (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939)

Pohon Bidara juga memiliki keunikan lain, saat kita tanam maka pohon ini mudah untuk tumbuh dan berdaun banyak. Ketika daun bidara ini kita ambil maka tumbuh daun lain dalam waktu yang singkat. Masya Allah sungguh Allah menciptakan suatu makhluk lengkap dengan kegunaannya untuk manusia.

Layaknya Firman Allah Subhanahuwata’ala dalam Surah Ar-Rahman;

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Sahabat dengan begitu banyaknya kegunaan dari pohon Bidara ini sudah sebaiknya kita menanamnya dirumah. Menggunakannya sesuai ajaran Rasulullah Shallallahu wa’alaihi wassalam. Kemudian mengajarkan kepada lingkungan sekitar kita terkait manfaat Pohon Bidara. Wallahu’alam bissawab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY