Sayang Kepada Orang Miskin

509
0
BERBAGI

 

 

An-Nadhr bin Syumail berkata, “Aku tidak pernah melihat orang yang lebih penyayang kepada orang miskin daripada Syu’bah.”

Amru bin Hakkam menceritakan, “Imam Syu’bah memiliki tetangga yang sudah tua. Ia pernah datang dan mengemis kepada beliau, Syu’bah pun berkata, “Mengapa mengemis kepadaku? Apakah aku punya harta?”

Lantas si tetangga itupun pergi. Sesaat kemudian Syu’bah pun memanggilnya dan berkata, “Ambillah keledaiku!”

Ia menjawab, “Aku tidak menginginkan keledaimu!”

Syu’bah kembali berkata, “Ambillah keledaiku!”

Ia pun mau mengambil keledai beliau. Si tetangga mengendarai keledai itu dan melewati kampung Bani Jabalah, lalu sebagian mereka membeli keledai itu seharga 5 dirham. Setelah itu  mereka kembali menghadiahkan keledai itu kepada Syu’bah.” (Tahzib Al Kamal, 12/493)

 

Abu Dawud Ath Thayalisi menceritakan, “Kami pernah berada di majelis Syu’bah, lalu datanglah Sulaiman bin Mughirah dalam kondisi menangis seraya berkata, “Keledaiku mati, hartaku hilang, kebutuhan pokokku telah tiada!” Syu’bah bertanya, “Semuanya berapa?” Dia menjawab, “Tiga dinar.” Lalu Syu’bah berkata, “Ini ada tiga dinar. Aku tidak memiliki selainnya. Ambillah!” (As Siyar, 7/211)

 

Muslim bin Ibrahim berkata, “Jika ada pengemis berdiri di majelis Syu’bah, Syu’bah tidak akan mulai menyampaikan hadits hingga pengemis itu diberi.” (Al Hilyah, 7/147)

 

Abu Dawud menceritakan, “Kami pernah di majelis Syu’bah untuk menulis hadits yang beliau diktekan. Lalu datanglah seorang pengemis meminta-minta. Syu’bah berkata, “Bersedekahlah kalian!” Namun tak ada seorang pun bersedekah.

Syu’bah kembali berkata, “Bersedekahlah kalian! Dari Abu Ishaq, dari Abdullah bin Ma’qil, dari Adi bin Hatim, ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, “Takutlah neraka meski hanya dengan sepotong kurma!” Namun saat itu belum ada yang bersedekah.

Syu’bah mengulangi, “Bersedekahlah kalian! Dari Amru bin Murrah, dari Khaitsamah, dari Adi bin Hatim, ia berkata Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, “Takutlah neraka meski hanya dengan sepotong kurma. Jika tak mampu, maka dengan kata-kata yang baik!” Namun belum pula ada yang bersedekah.

Syu’bah mengulangi, “Bersedekahlah kalian! Dari Muhill Adh Dhabbi, dari Adi bin Hatim berkata Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda, “Berlindunglah kalian dari neraka meski hanya dengan sepotong kurma. Jika tak mampu, maka dengan kata-kata yang baik!” Namun tetap belum ada yang bersedekah.

Syu’bah pun marah dan berkata, “Pergilah kalian dari sini, demi Allah aku tidak akan menyampaikan hadits selama 3 bulan!” Kemudian Syu’bah pun masuk ke rumahnya dan mengambil adonan roti, lalu memberikannya kepada si pengemis, “Ambillah, hanya ini makanan kami hari ini!” (As Siyar, 7/228)

 

Redaksi Sahabat Yamima

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY