Pendidikan Sebagai Pemutus Rantai Kemiskinan

356
0
BERBAGI

Oleh | Redaktur sahabat YAMIMA
Edit | Rizal Abu Fathi

Pernahkah anda melewati lampu merah di jalanan terutama di kota2 besar? 
Jika kita perhatikan banyaknya anak-anak kecil yang berada di jalanan, banyak di antara mereka merasa tidak mempunyai kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang cerah. Padahal, masa depan adalah sesuatu yang dapat di rencanakan sejak dini.

Tentu ini banyak Faktor yang membuat meraka berjibaku dalam keadaan yang menghawatirkan. salah satu faktor yang dominan itu _kemiskinan_ maka terciptalah pola fikir bahwa keturunan dari orang yang serba kekurangan hanya akan menjadi penerus generasi yang miskin menyedihkan bukan?

Maka dari itu seyogyanya kita penting untuk mengubah pola fikirnya agar rantai kemiskinan tidak terus-menerus berlanjut.
Salah satu hal yang sangat memungkinkan untuk mengubah pola fikir seseorang adalah dengan adanya pendidikan.
Pertanyaan muncul Mengapa pendidikan itu penting? Jawabannya, 
Karena jika seseorang memiliki pengetahuan dan i’lmu yang cukup maka seseorang akan mengetahui apa yang seharusnya ia persiapkan untuk masa depannya. Dengan kata lain, _pendidikan bisa menjadi pemutus rantai kemiskinan_ dalam sebuah keluarga maupun lingkungan.

“Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang).
Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.” (At-Taubah ayat 122)

Pada ayat di atas pun di anjurkan agar seorang mukmin bukan hanya pergi berperang namun ada sebagian lainnya penting untuk mempersiapkan generasi kedepan dengan menuntut ilmu bersekolah,

Bisa kita bayangkan jika banyaknya anak-anak di jalanan atau anak2 yang kurang mampu tidak ada kesempatan mengenyam pendidikan yang layak, maka akan timbul persoalan sendiri generasi masa depan yang suram. 
mustahil mereka mempunyai semangat tanpa ada yang menyemangati,

Berawal dari pendidikan, masa depan yang cerah pun lebih mudah untuk di gapai.
Berawal dari pendidikan pula akan lahir para Ilmuan yang pandai dalam peradaban.
Berawal dari pendidikan pula akan melahirkan harapan asa baru untuk di memutuskan mata Rantai kebodohan dan kemiskinan.

Begitulah pendidikan dapat berpengaruh pada cara pandang seseorang untuk melihat suatu hal yang baru dan pada akhirnya menjadi faktor untuk menentukan pilihan untuk memilih.
Maka, bahagia sekali jika kita bisa Ambil bagian dari pemutus rantai kemiskinan itu.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengentaskan kemiskinan dan kebodohan itu, kita bergandeng tangan bersama sama menjadi *_orang Tua asuh mereka_* Biiznillah harapan itu akan mengubah masa depan lebih baik lagi.
Semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang bermanfaat.

🎓 Yuk menjadi Orang tua Asuh, [orang tua para ulama] untuk 50 anak2 mahasiswa/i yang sedang kuliah di Timur tengah.
Info | 0852 1861 6689 [rizal]

Atau bisa 
✒kunjungi kami di

Sahabatyamima.id
IG | sahabat yamima
Fanpage | Sahabat yamima
YouTube | Sahabat yamima chanel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY