📝 Akhlak Rasulullah Bagai Bintang Gemintang

680
0
BERBAGI

Oleh | Redaktur sahabat yamima.

“Para Sahabatku bagaikan bintang gemintang. Teladani siapapun diantara mereka, niscaya kau dapat petunjuk”. Hadist Rasulullah SAW ini menunjukkan bahwa para sahabat Nabi merupakan orang-orang yang mulia dan utama. Allah SWT telah memilih mereka menjadi sahabat. Mereka bersyahadat ketika Nabi menyeru mereka kepada Islam.

Sahabat nabi membantu Rasululllah solallahu ‘alaihiwasallam menunaikan risalah serta membuktikan ketaatan dan cinta mereka kepada Allah dan Rasul-Nya dengan diri dan harta mereka. Mereka sangat gigih membantu dan menolong Rasulullah. Mereka membuktikan keimanan dan keislamannya dengan sikap dan perilaku utama. Karena itu, tak seorang pun meragukan kemuliaan dan keutamaan para sahabat Rasulullah.

Akhlak sahabat Nabi laksana taman yang ditanami bunga warna-warni yang semerbak wangi. Saat melihat taman itu, kita akan mencium wanginya yang semerbak. Para sahabat rela berjuang bersama Rasul SAW bahkan mereka rela menyerahkan harta, jiwa, raga, dan keluarganya demi menegakkan agama Islam.

Bahkan malaikat pun merasa malu karena keutamaan akhlak Usman bin Affan, ketika itu Rasululllah duduk santai bersama istrinya Aisyah, kemudian datang Abu Bakar namun Rasulullah tak mengubah posisi duduknya yang santai. Begitu pula ketika Umar bin Khatab datang.

Namun, Rasulullah merapikan duduk dan pakaiannya ketika Usman bin Affan datang sehingga membuat Aisyah jadi bertanya mengapa kepada Usman perubahan duduk Rasulullah, kemudian dijawab Rasulullah SAW : “ Usman Bin Affan itu sangat lembut, malaikat saja sampai malu kepadanya”.

Dan Usman bin Affan adalah sahabat Rasulullah yang paling kaya raya
namun teramat dermawan. Ketika masa sulit makanan mengancam penduduk madinah, ada seorang saudagar yang menawar dagangan miliknya dengan harga seratus kali lipat, namun Usman menolak dengan berkata “walau engkau membayarya seribu kali lipat aku tolak sebab aku sudah berdagang dengan Allah SWT. Padahal seluruh barang dagangannya itu seluruhnya dibagikan secara gratis kepada seluruh penduduk kota Madinah.

Karena keutamaan akhlaknya juga, dua anak perempuan Rasulullah diperkenankan untuk menjadi istrinya yang pertama Ummu Kalsum, setelah meninggal lalu Rasulullah menikahkannya dengan Rukayah.

Sahabatku, inilah sebaik-baiknya akhlak yang wajib kita jadikan contoh. Rasulullah dan para sahabat juga sahabiyah dengan budi pekerti yang luar biasa membuktikan bahwa seorang mukmin harusnya seperti ini. Namun, tak semua orang tahu akan hal ini, Maka dengan menjadikan diri terus lebih baik lagi, menyebarkan dakwah juga bagian dari perjuangan agar akhlak manusia bisa mengikuti Rasulullah dan para sahabat nabi.


Yuk bantu dakwah Islam dengan ikut berpartisipasi dalam Program Dakwah Pedalaman
Info : 0852 1861 6689 (Bpk. Rizal)
Atau bisa kunjungi kami di
Sahabatyamima.id
IG : @sahabatyamima
FanPage : Sahabat Yamima
Youtube : Sahabat Yamima Channel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY