📝 Mengenal Pusat Peradaban Ummat

288
0
BERBAGI

Oleh | Redaktur Sahabat Yamima

Masjid sebagai Baitullah atau rumah Allah, merupakan inti dari pergerakan Islam. Fungsi utamanya sebagai tempat bersujud, beribadah kepada Allah sangatlah vital. Intisari dari memakmurkan masjid adalah terlaksananya shalat berjamaah. Sejauh mana kita memakmurkan masjid, adalah sejauh pandangan kita terhadap kebersusunan shaf pada shalat berjamaah.

Tapi, Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadat magdhah, seperti shalat dan dzikir saja, tetapi masjid juga sebagai tempat berbagai aktivitas umat dalam rangka pemberdayaan umat. Dari pembinaan yang dilakukan Rasulullah di masjid itu dilahirkanlah tokoh-tokoh yang berjasa dalam pengembangan Islam ke seantero penjuru dunia, seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin al-Khatab, Usman bin ‘Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Fungsi masjid sebenarnya adalah untuk berbagai macam kegiatan, seperti manifestasi pemerintahan terlaksana di dalam masjid, baik pada pribadi-pribadi pemimpin pemerintahan yang menjadi imam / khatib. Masjid juga digunakan sebagai tempat bertemunya pemimpin (pemerintah) dengan rakyatnya untuk bermusyawarah membicarakan berbagai kepentingan bersama. Di masjid juga Nabi menerima delegasi atau tamu dari luar negeri dan mengirim utusannya ke luar negeri, sebagai pusat penerangan dan pembelaan agama.

Masjid juga membantu sebagai tempat pendidikan dan mendukung, serta pengembangan ilmu pengetahuan. Di masjid Nabi mendidik para sahabatnya dan mengajarkan agama Islam dalam berbagai aspek kehidupan. Di masjid para da’i di bor untuk memulai dikirim ke berbagai daerah untuk meminta Islam untuk penduduknya.

Masjid juga digunakan sebagai tempat membaca puisi ruhiyah yang memuji Allah dan Rasul-Nya, sehingga Nabi memiliki penyair yang terkenal adalah Hasan bin Tsabit. Masjid juga digunakan sebagai asrama untuk para pelajar suffah yang tinggal menetap untuk belajar.

Masjid adalah pusat kegiatan ekonomi. Di masjid dibangun Baitul Mal tempat harta dari orang-orang kaya dihimpun kemudian diberikan kepada fakir miskin dan orang yang membutuhkan uluran dana maupun bahan makanan.

Jadi, fungsi masjid tidak hanya sebatas tempat melakukan kegiatan ibadah maghdah saja, tetapi semua kegiatan yang berkaitan dengan umat Islam dapat dilakukan di masjid, selama tidak untuk diskusi-diskusi yang telah menjelaskan ada larangan dan telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Ini membuktikan bahwa Islam tidak hanya mengatur urusan ibadah saja, namun juga urusan ekonomi, politik, dan berbagai aspek kehidupan lainnya yang bisa di mulai dari masjid. Maka, tak heran jika masjid juga bisa di sebut pusat peradaban ummat. Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memakmurkan masjid. Aamiin

*_____________________________________________________________________________*

Yuk  dengan ikut berpartisipasi dalam  Program Bersih-Bersih Masjid yang di selenggarakan oleh YAMIMA

Info : 0852 1861 6689 (Rizal)

Atau bisa kunjungi kami di

Sahabatyamima.id

IG : @sahabatyamima

FanPage : Sahabat Yamima

Youtube : Sahabat Yamima Channel

BERBAGI
Artikel sebelumya📝 Kabar Sri Lanka dan Muslim Kini
Artikel berikutnyaBantuan Untuk Ibu Rita
Yayasan Amanah Insan Madani adalah sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang Dakwah, Sosial dan Pendidikan yang lahir pada tahun 2013 untuk mencerdaskan ummat secara ilmu dan ruhiyah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY