Indonesia di Landa Luka

299
0
BERBAGI

Oleh | Redaktur Sahabat Yamima

Aneka ragam bentuk bencana alam seperti tsunami, banjir, kebakaran, tanah longsor, angin ribut, gempa bumi, dan lain-lain terjadi di Indonesia silih berganti. Bencana tragedi seperti huru-hara, kecelakaan maut, ditangguhkan, kekeringan, dan lainnya jutaan tak dapat dipercayakan dibandingkan dengan bencana yang diakibatkan oleh alam. Semua butuh bantuan dan perhatian dari kita semua.

Mereka yang kehilangan harta benda, bahkan ada yang kehilangan keluarga mereka ketika bencana alam terjadi. Bayangkan jika kitalah yang menjadi korban. Sudah pasti kita akan mencoba meminta bantuan kepada banyak orang juga kepada Allah Yang Maha Esa.

Saat kita mendengar atau melihat suatu peristiwa bencana alam atau tragedi, sudah tentu kita sebagai manusia yang memiliki jiwa sosial akan turut prihatin dan mendukung membantu kita. Namun demikian, membantu kita menjaga jarak demi kesibukan kita sehari-hari membuat kita untuk datang langsung dan membantu korban langsung dengan tangan kita sendiri.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ… وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَة

“Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya… Barangsiapa mengurus kebutuhan saudaranya niscaya Allah akan mengurus kebutuhan dirinya. Barangsiapa menyingkirkan sebuah kesusahan hidup dari seorang muslim niscaya Allah akan menyingkirkan kesulitan hidupnya pada hari kiamat kelak.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud)

Kesempatan beramal kembali Allah berikan kepada kita. Musibah bukan untuk kita tangisi, kita harus bangkit dan saling membantu. Bisa jadi saudara kita kali ini, belum tahu besok dan lusa kita seperti apa.
Wajib bagi kita untuk memudahkan urusan saudara kita. Jika ia butuh bantuan, kita bantu semampu kita bukan hanya semau kita.

Jika ia kesulitan kita mudahkan urusannya. Lalu berdo’a lah, semoga Allah cinta pada bantuan yang kita berikan, Allah suka pada keringanan kita, dan Allaah memudahkan setiap urusan kita, dan memberkahi harta kita.Allah masih memberikan kita nikmat hari ini, mari bersyukur dengan membantu mereka.
Semoga apa bantuan yang kita berikan menjadi amal jariyah untuk kita semua.


Yuk bantu saudara-saudara kita untuk bangkit dari musibah bencana dimapna pun mereka berada dengan ikut berpartisipasi dalam Program Tanggap Darurat
Info : 0852 1861 6689 (Rizal)
Atau bisa kunjungi kami di
Sahabatyamima.id
IG : @sahabatyamima
FanPage : Sahabat Yamima
Youtube : Sahabat Yamima Channel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY