Makna Simbol Kopiah Al-Azhar Merah putih dan Hitam ====================

1970
0
BERBAGI

Oleh | Redaktur sahabat yamima

Setiap instansi atau lembaga pasti mempunyai pakaian resmi yang menunjukkan nilai-nilai makna dari instansi yang ia bawa.

Begitu pula dengan salah satu instansi tertua di dunia bernama Al Azhar.

Al Azhar memiliki pakaian resmi sebagai ciri khas ulama Al Azhar dengan jubah putih dilapisi dengan Kakula (jubah luar) serta Kopiah merah yang disebut Tarbusy dengan balutan imamah putih dan ekor hitam kecil.

Semua ini tak hanya menunjukkan bahwa dia adalah seorang Azhari, walaupun Azhari tak sekedar pakaian tapi juga pemikiran dan manhaj; tapi pakaian ini memiliki nilai yang terkandung dalam simbol-simbol. Dalam Fan atau seni Islam telah di bahas dan ditafsirkan apa makna yang terkandung dalam Kopiah Azhar sehingga para ulama dari zaman ke zaman memiliki ciri atau gaya khas yang sama, hanya saja mungkin material yang digunakan tentu berbeda karena semakin maju nya zaman.

Seorang Azhari dengan kopiah merah, putih dan hitam ternyata melambangkan warna yang terkandung dalam bendera negara Mesir, menunjukkan bahwa seorang Azhari pasti berjiwa nasionalis dengan membela bangsa dan negaranya.
Adapun tafsiran merah dalam Tarbusy yang mana pada mulanya berasal dari Maroko dan masyhur dipakai dalam aktivitas kesultanan Ottoman, sehingga Tarbusy menjadi simbol di lingkup negara Maroko, Turki dan Mesir.
Warna merah yang dipilih karena melambangkan ketegasan, kewibawaan, dan keberanian.

Orang-orang mesir menambahkan imamah putih atau kain putih yang membalut Tarbusy karena selain imamah adalah ramzun (simbol) para ulama dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassalam banyak menyebutkan Hadits tentang imamah; dipilih lah warna putih karena melambangkan kesucian. Adapun ekor hitam kecil yang terletak di bagian tengah ke arah belakang melambangkan gelapnya penjajahan di masa silam yang bisa diakhiri oleh bangsa Mesir.

Bukankah warna merah itu tidak dianjurkan? karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam pernah bersabda:

(إياكم و الحمرة, فإنها ملبس السيطان)

“Hindarilah warna merah, karena warna merah adalah pakaiannya setan”
Jawab :
Pertama : Imamah yang digunakan oleh para ulama Al-Azhar adalah putih, pecinya yang merah.

Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara imamah dan peci.
Kedua : Merah yang tidak dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam adalah merah yang mutlak, artinya jika dinisbatkan kepada sebuah peci, maka semua anggota dahi mulai dari depan sampai belakang itu tertutup warna merah yang menyala seperti warna setan, sedangkan imamah Al Azhar adalah kombinasi antara warna merah dan putih, bukan merah secara keseluruhan.

Maka dari situlah para Ulama Al Azhar sepakat memilih warna merah dengan kombinasi putih dan ekor hitam kecil sebagai simbol seorang Azhari.

Sebenarnya bukan suatu kewajiban, hanya karena para Ulama Al Azhar ingin menghormati ilmu yang mereka bawa dengan berwibawa, agar ilmu itu semakin berjaya dan mulia. Seperti kata mantan Mufti Mesir Syaikh Ali Jum’ah :

(فَشَرَفُ العلمِ فوقَ كُلِّ شَرَف** ومَنْ ذَاقَ عَرفَ ومن عرف اغْتَرَف)

“Kemuliaan ilmu itu diatas semua kemuliaan, barang siapa telah merasakannya maka ia tahu, dan barang siapa yang tahu maka ia akan semakin menikmatinya”.
Allah Subhanahu wa taala juga menyanjung ulama, dalam firmannya:

)إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ(

Jadi begitulah cara guru-guru kita menyanjung dan meninggikan ilmu yang mereka bawa, dengan simbol kebesaran imamah yang mereka pakai sekarang.
Dahulu, para azhari yang memakai kopiah ini dianggap sebagai Hafidz Quran dan jika ada yg ingin membeli kopiah ini pun para penjual akan selektif dan menanyakan perihal Al-Quran kepada calon pembeli.
Namun, kenyataan pada masa kini telah berbeda, hanya sebagai barang yang diperjual belikan di pasar biasapun bisa kita temukan kopiah azhari.

Barokallahufiikum
===♡♡=====♡♡====
Yuk menjadi orang tua asuh (orang tua para ulama) hanya 20-50rb/hr untuk 100 calon ulama yang sedang menuntut ilmu di timur tengah.
Info | 0852 1861 6689
Rizal

Atau simak kami di
✒ sahabatyamima.id
FanPage | sahabat yamima
IG | @sahabat yamima
Youtube | sahabat yamima channel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY