📝MESIR PRA ISLAM (serial 1) ================

368
0
BERBAGI

Oleh | Redaktur sahabat yamima

Mesir memiliki khazanah peradaban yang sangat kaya dari zaman pra Islam hingga kejayaan Islam pernah ada di dalamnya.

Tanah ini sangat kaya akan nilai religius dan kebudayaan dalam pentas sejarah dunia, itulah mengapa mesir memiliki banyak julukan diantaranya Jazirah Anbiya dan Ummu Dunya.

Tersematnya nama Jazirah Anbiya yang memiliki arti Tanah para Nabi tak lepas dari kisah dan sejarah para Nabi dan rasul yang di utus oleh Allah SWT untuk berdakwah di tanah Mesir termasuk didalamnya kaum Bani Israel.
Sedangkan nama Ummu Dunia dikarenakan peradaban Mesir yang dimulai sejak tahun 3200 SM dan mencapai kejayaannya dimana tidak ada di belahan bumi manapun kecuali hanya di Mesir dari masa Pharaonic, Hellenistic, Romawi hingga Islamic sehingga pantas jika orang menyebutnya sebagai Mesir Ibu Dunia.

Tersebutlah deretan Nabi dan Rasul yang Allah utus untuk bangsa mesir maupun yang pernah singgah di tanah Mesir. Nabi Idris AS, sebagai orang pertama yang memperkenalkan baju pada manusia dengan metode jahit menggantikan kulit binatang yang waktu itu sangat masyhur digunakan sebagai penutup tubuh.

Kemudian Nabi Saleh AS yang maqom nya masih bertengger kokoh di gunung Tursina tempat Allah SWT memberi wahyu kepada Nabi Musa.

Adapula Nabi Ibrahim AS, pernah singgah di tanah Mesir hingga menikah dengan Hajar.
Kala itu Hajar merupakan budak dari salah satu Raja yang berkuasa di Mesir, dari Hajar lah kemudian lahir Nabi yang agung bernama Ismail AS.

Tentang keperkasaan Fira’un dan kesombongan Bani Israel, Allah mengutus dua Rasul sekaligus untuk bangsa Mesir yaitu Nabi Musa AS dan Nabi Harun AS untuk meruntuhkan tirani kecongkakan dan kesombongan mereka.

Sungguh kaum yang amat banyak mendapat nikmat tetapi merekalah yang paling banyak mendustakan nikmat Allah.

Tak menutup kemungkinan, beberapa diantara Fira’un beriman kepada Allah seperti di masa Nabi Yusuf AS. Terkisahkan bahwa Nabi Yusuf menakwilkan mimpi tentang datangnya tujuh tahun musim tanam dan tujuh tahun musim paceklik setelahnya.
Dengan demikian Nabi Yusuf AS menjadi Aziz Mishr atau yang menduduki posisi penting dalam kerajaan Mesir.
Setelah Nabi Yusuf menjadi pembesar di Mesir, beliau memboyong seluruh keluarganya untuk hijrah menuju Mesir.

Dengan demikian, datanglah seorang Nabi lagi di tanah Mesir yaitu Nabi Ya’kub AS ayah dari Nabi Yusuf AS.

Disebutkan dalam suatu riwayat bahwa ketika Nabi Isa AS kecil bersama ibundanya Sayyidah Maryam melarikan diri dari kejaran Raja Herodes di Betlehem karena menyelamatkan aqidahnya, mereka memilih berhijrah menuju Mesir dan memilih bersembunyi di sebuah Gua. Hingga kini menurut kepercayaan Israiliyyat dan pemeluk agama Nasrani mengatakan bahwa Gua yang pernah di tempati oleh keluarga Sayyidah Maryam telah dibangun sebuah gereja bernama Gereja Abu Serga yang hingga kini masih bisa memanjakan mata para turis yang datang ke Mesir.

Itulah sekelumit Mesir beserta kisah para Nabi dan Rasul yang menjadi fadhilah atau keutaman tersendiri bagi negeri ini, hingga kini masih saja kaidah tentang Mesir bergaung “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”.

Barokallahufiikum
===♡♡=====♡♡====
Yuk menjadi orang tua asuh (orang tua para ulama) hanya 20-50rb/hr untuk 100 calon ulama yang sedang menuntut ilmu di timur tengah.
Info | 0852 1861 6689
Rizal

Atau simak kami di
✒ sahabatyamima.id
FanPage | sahabat yamima
IG | @sahabat yamima
Youtube | sahabat yamima channel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY