Air Mata yang Agung

277
0
BERBAGI

Oleh | Redakur Sahabat Yamima

Apa yang ada dipikiran kita jika melihat orang menangis? Langsung melabeli orang itu cengeng? Baperan? Atau tidak sekuat diri kita? Begitulah stigma yang ada di masyarakat, menangis menjadi suatu hal yang terlihat buruk karena dirasa sesuatu yang menunjukkan kelemahan.

Padahal sebagai seorang manusia, merasa sedih adalah hal yang wajar dan manusiawi sama seperti seperti perasaan lainnya. Hanya saja kita memang tidak diperbolehkan bersedih secara berlebihan seperti meraung-raung sampai pada akhirnya tidak bisa bangkit dan menyakiti diri sendiri.

Namun tahukan sahabat? Bahwa dalam Islam, menangis juga ada yang bisa menyelamatkan kita di akhirat nanti. Bukannya diminta untuk dihindari, bahkan sebagai muslim kita harus menangis pada hal ini. Apakah itu?

“Tidak ada sesuatu yang lebih dicintai Allah daripada dua tetesan dan dua bekas. Tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah yang tertumpah di jalan Allah. Sedangkan dua bekas itu adalah bekas-bekas fii sabilillah (jihad) dan bekas-bekas mengamalkan kewajiban Allah.” (HR. At-Tirmidzi dan Adh-Dhiya’).

Menangis kepada Allah subhanahu wa ta’alaa merupakan sesuatu yang mahal sekali, sebab hanya dia yang hatinya benar-benar terketuk lah yang dapat merasakan takut kepada Allah dengan begitu dalam sampai mengucurkan air mata. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengusahakannya, berusaha mengingat banyaknya tumpukan dosa akan melatih hati dan mata kita senantiasa basah karena menangis tersebab takut kepada Tuhan yang Maha Mengampuni.

Abu Ma’syar berkata, “Aku mendengar Abu Hazim (Salamah bin Dinar Al-A’raj) menceritakan sebuah kisah di masjid, dia menangis, lalu dia mengusapkan air matanya kewajahnya. Maka aku bertanya, ‘Wahai Abu Hazim, kenapa Anda melakukan hal ini?’ Beliau tidak akan mengenai satu tempatpun yang terkena air mata yang mengalir karena takut kepada Allah.”

Maka sahabat, menangis karena dunia akan menjadikan hati kita tidak tenang sebab dunia semakin di khawatirkan akan semakin menyesakkan. Namun menangis karena Allah akan menyelamatkan kita di akhirat kelak. Maka dari itu, tak apa menangis asalkan kita tahu di mana harus menempatkan rasa sedih kita dan kepada siapa air mata kita harusnya bermuara.

Barokallahufiikum 
=================
Yuk menjadi orang tua asuh untuk 64 mahasiswa yang sedang menimba ilmu di timur tengah hanya 20-50/hr
Info | 0852 1861 6689

Simak kami di 
✒ sahabatyamima.id 
IG | @sahabat yamima
Panfage | sahabat yamima 
Youtube | sahabat yamima channel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY