Hikmah Adalah Karunia

455
0
BERBAGI

Oleh | Redakur Sahabat Yamima

Tak semua orang dapat mencerna segela macam peristiwa
Tak semua orang dapat merasakan manisnya pembelajaran atas apa yang dilaluinya
Pula tak semua orang dapat melihat hal baik yang bukan tersurat namun tersirat. Itulah yang dikatakan sebagai hikmah, bagaimana cara kita mengambil pelajaran atas hal-hal tersembunyi.

Bahwa segala sesuatu tidak mungkin terjadi tanpa ada hal baik yang ingin Alla tunjukkan di dalamnya, maka sebagai seorang muslim kita harus peka melihat ‘sesuatu’ di dalam kehidupan kita. Seperti apa yang sudah di ceritakan di dalam Al-Qur’an, banyak sekali kisah-kisah terdahulu yang bisa diambil pelajarannya. Itu semua agar kita bisa memetik hikmah atas apa yang terjadi di masa lalu.

“Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berpikir.” (QS. Al-A’raf: 176).

Bisa kita lihat bagaimana para sahabat sangatlah pintar dalam mengambil hikmah atas hal yang dialaminya. Sebut saja Muadz bin Jabal yang pada suatu hari Rasulullah SAW bersabda, “Hai Muadz!… Demi Allah, aku sungguh sayang kepadamu. Maka jangan lupa setiap habis salat mengucapkan: “Ya Allah, bantulah aku untuk selalu ingat dan syukur serta beribadah dengan ikhlas kepada-Mu.”

Mu’adz mengerti dan memahami ajaran tersebut dan telah menerapkannya secara tepat. Pada suatu waktu Muadz pernah berdialog dengan Rasulullah, beliau menyampaikan “Setiap berada di pagi hari, aku menyangka tidak akan menemui lagi waktu sore. Dan setiap berada di waktu sore, aku menyangka tidak akan mencapai lagi waktu pagi.”

Begitulah jika seorang sahabat mendapatkan nasehat dari Rasulullah, maka ia bisa memahami apa yang terkandung dalam nasehatnya tersebut dan seluruh hikmah yang mengantarkan kita untuk semakin dekat dengan Allah adalah sebaik-baiknya hikmah.

Maka saudaraku, lihatlah terus apa yang ada di sekeliling kita mengenai masalah, kejadian, bencana, rezeki dan hal-hal lainnya. Semua bisa mengandung hikmah jika kita berusaha memahami. Sebab hikmah adalah karunia, ia sangat berharga. Jadilah muslim yang cerdas yang dengan kejadian apapun akan semakin mendekatkan dirinya kepada Rabb-nya.

Barakallah fiikum
*_______________________________________________________________________*

Yuk bantu Islam kembali bangkit dengan ikut berpartisipasi dalam Program Dakwah Social Media
Info : 0852 1861 6689 (Bpk. Rizal) 
Atau bisa kunjungi kami di
Sahabatyamima.id
IG : @sahabatyamima
FanPage : Sahabat Yamima
Youtube : Sahabat Yamima Channel

BERBAGI
Artikel sebelumyaWakaf Qur’an untuk Negeri
Artikel berikutnyaBerilmu Sebelum Berkeluarga
Yayasan Amanah Insan Madani adalah sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang Dakwah, Sosial dan Pendidikan yang lahir pada tahun 2013 untuk mencerdaskan ummat secara ilmu dan ruhiyah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY