Ber-Islam di Pedalaman

207
0
BERBAGI

Oleh | Redakur Sahabat Yamima

Warga Desa Boladangko, Kecamatan Kulawi merupakan salah satu desa dengan populasi penduduk muslim minoritas. Sebanyak 27 kepala keluarga (KK) Muslim dan sebagian besar dari mereka adalah mualaf.
Perjalanan menuju lokasi harus ditempuh sejauh 75km. Dengan kondisi jalan yang rusak, dibutuhkan waktu selama 2,5 jam untuk sampai di daerah tujuan. 
Salah satu yang menjadi perhatian di daerah itu adalah cerita tentang kondisi masyarakat muslim yang ada di Desa Tangkulowi, yang diantanya adalah muslim namun tidak satu pun terdapat sarana ibadah disana.

Mereka inginkan agar dibangun sarana ibadah, minimal untuk langgar maupun mushola. Seperti yang dituturkan oleh Taufik, salah seorang Tokoh di Desa Boladangko. “Kasihan mereka Pak, kalau bisa dibantu biar hanya dengan Musholla, kami prihatin kalau ada warga Muslim yang meninggal kami cuma bisa mensholatkan jenazah di rumah kami yang sempit, kami mau bawa ke masjid akan tetapi jauh sekali jaraknya, dan harus menyeberangi sungai lagi.” tutur Taufik.
Sebenarnya masyarakat sudah melakukan swadaya untuk mengupayakan bisa membangun musholla berukuran 6×6 meter, namun dengan kondisi ekonomi masyarakat yang rendah hal yang bisa dibangun hanya pondasi masjid.

“Sedih rasanya membayangkan kondisi masyarakat di Desa Tangkulowi ini, ada saudara kita yang belum bisa beribadah dengan baik hanya karena tidak punya rumah ibadah, padahal di desa tersebut sudah akan berdiri Gereja yang ketiga.” tambah Taufik..
Sahabat, begitulah gambaran tertinggalnya suatu desa pedalaman dari cahaya Islam, sulit sekali bagi mereka untuk mendapatkan fasilitas yang layak dan mumpuni untuk beribadah atau berlajar Islam lebih banyak lagi.

Lalu apa yang sudah kita lakukan untuk saudara-saudara kita tersebut?
Semoga ada kepedulian bagi sesama muslim kepada mereka yang hidup di tengah mayoritas pemeluk agama lain untuk bisa beribadah dengan baik. Seperti halnya kita yang hidup di kota, bisa menikmati ibadah dengan mudah dan leluasa.

Barakallah fikum
*______________________________________________________*
Yuk bantu dakwah sampai ke pelosok dengan ikut berpartisipasi dalam Program Dakwah Pedalaman
Info : 0852 1861 6689 (Bpk. Rizal) 
Atau bisa kunjungi kami di
Sahabat yamima.id
IG : @sahabatyamima
FanPage : SahabatYamima
Youtube : SahabatYamima Channel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY