JANGAN DUAKAN DO’A MU

140
0
BERBAGI

Oleh : Bella Rizki Fauziah
(Kader Yamima – Mahasiswi Al Azhar Kairo)
Sudah tidak asing di telinga ummat muslim bahwa do’a merupakan senjata kita, yang derajatnya begitu tinggi sampai mampu mengetuk pintu langit kemudian mengubah takdir atas izin Allah. Manusia diberikan kegiatan yang sangat indah yaitu do’a, do’a bagaikan cinta yang akan terus bersemi dan membersamai manusia dan alam semesta.
Dan diantara jenis ibadah yang Allah syari’atkan kepada kita adalah ibadah do’a. Do’a adalah ibadah yang sangat agung di sisi Allah. Sehingga tidak selayaknya do’a diberikan kepada selain Allah.
Disebutkan dalam al-Qur’an :


وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدً ا

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah milik Allah, maka janganlah kalian berdo’a kepada seseorang bersamaan dengan berdo’a kepada Allah” *[QS. Al Jin: 18]*
Ayat ini menerangkan tentang perintah agar seseorang ikhlas dalam berdo’a kepada-Nya *[Syarh al Ushul ats Tsalatsah Karya Dr. Shalih Fauzan: 129]*
Barangsiapa yang memalingkan ibadah do’a ini kepada selain Allah, maka ia telah menduakan Allah ‘Azza wa Jalla, dan dia telah ingkar kepada-Nya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :


وَمَنْ يَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آخَرَ لَا بُرْهَانَ لَهُ بِهِ فَإِنَّمَا حِسَابُهُ عِنْدَ رَبِّهِ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ

“Dan barangsiapa beribadah kepada tuhan yang lain di samping Allah, padahal tidak ada suatu dalil pun baginya tentang itu, maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Rabb-nya.
Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung” *[QS. Al Mu’minun: 17]*
Ini adalah ayat yang sangat jelas menerangkan tentang bahayanya berdo’a kepada selain Allah, dan ia adalah perbuatan kesyirikan kepada Allah. Seperti berdo’a kepada penjaga laut, berdo’a atau meminta kepada orang-orang yang telah meninggal, meminta kepada benda-benda pusaka, dan lain-lain. SehinggaSehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sejak awal mewanti-wanti para sahabatnya untuk meminta dan berdo’a hanya kepada Allah.
Beliau pernah mengajari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu yang waktu itu masih belia, kata beliau :


إِذَاَ سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ وَإِذَاَ اسْتَعَنتَ فَاسْتَعِن بِاللهِ

“Jika engkau meminta (berdo’a), maka mintalah kepada Allah, dan jika engkau meminta tolong, maka minta tolonglah kepada Allah” *[HR. Tirmidzi nomor 2516]*
Inilah gambaran bagaimana Nabi sangat perhatian dengan bahaya berdo’a kepada selain Allah. Maka jangan kalian memalingkan ibadah do’a ini kepada selain Allah, siapa dan bagaimanapun kedudukannya di matamu. Rasulullah ‘alaihish shalatu wassalam bersabda :


الدُّعَاءَ هُوَ العِبَادَةُ

“Do’a itu adalah ibadah” *[HR. Abu Dawud/1479, Tirmidzi/2969, Ibnu Majah/3828 dari hadits An Nu’man bin Basyir]*
Jadi jangan engkau duakan do’amu, karena do’a adalah ibadah hanya untuk Allah ‘Azza wa Jalla, kita aja sakit lho kalo didua, apalagi Tuhan Kita?, Hmm sudah mendua? Bertaubatlah segera, Na’udzubillahi.
*_______________________________________________________________________*

Yuk bantu sebarkan kebaikan dengan ikut berpartisipasi dalam Program Dakwah Social Media bersama YAMIMA
Info : 0852 1861 6689 (Bpk. Rizal)
Atau bisa kunjungi kami di
Sahabatyamima.id
IG : @sahabatyamima
FanPage : SahabatYamima
Youtube : SahabatYamima Channel

BERBAGI
Artikel sebelumyaPeganglah Tanganya
Artikel berikutnyaIslam itu bukan sekedar 5 rukunnya
Yayasan Amanah Insan Madani adalah sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang Dakwah, Sosial dan Pendidikan yang lahir pada tahun 2013 untuk mencerdaskan ummat secara ilmu dan ruhiyah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY